Multi-styled Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 17 September 2011

serah perkembangan antropologi

sejarah perkembangan antropologi ini dibagi dalam beberapa fase yaitu
1. sebelum tahun 1800
sejarah ini dimulai dari kedatangan bangsa eropa dalam kehidupan suku bangsa pribumi. berbagai tulisan dikumpulkan dari musafir, pelaut, penyiar agama yang memuat tentang pengetahuan adat istiadat, susunan masyarakat, bahasa, dan ciri-ciri fisik dari beranekaragam suku bangsa.
2. pertengahan abad 19
ditandai dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan manusia yang telah berevolusi dari tingkat terendah ke tingkat tertinggi. kebudayaan eropa adalah kebudayaan tertinggi dan kebudayaan pribumi adalah kebudayaan terendah.
pada fase ini ilmu antropologi bersifat akademikal. yaitu mempelajari masyarakat primitif dan tingkat-tingkat kuno mereka.
3. permulaan abad 20
bangsa eropa memprgunakan ilmu antropologi untuk kepentingan pemerintahan kolonial. sehingga ilmu antropologi bersifat sebagai ilmu yang praktis.
4. sesudah tahun 1930
pada fase ini kebudayaan masyarakat primitif hilang akibat pengaruh bangsa eropa. ilmu antropologi dipelajari untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan bersifat akademikal. selain itu ilmu ini dipakai untuk membangun bangsa sendiri sehingga bersifat praktis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar